Kirim email lamaran kerja

Jika semua orang mengetahui waktu terbaik untuk mengirim email lamaran kerja, proses tersebut mungkin akan menjadi lebih lancar. Anda akan memiliki peluang yang lebih baik, dan perusahaan dapat menemukan calon pelamar terbaik dengan lebih efisien.

Saat mengirimkan email lamaran, tentunya Anda telah mempersiapkan berbagai hal. Pastinya Anda tidak ingin usaha Anda sia-sia, bukan?

Tidak perlu khawatir atau bingung, karena Edumuslim.org telah menyediakan penjelasan lengkap mengenai waktu terbaik untuk mengirimkan email lamaran kerja. Mari simak sampai tuntas!

Pilih Waktu yang Tepat untuk Mengirim Email Lamaran Kerja


Secara umum, waktu terbaik untuk mengirim email lamaran kerja adalah ketika lowongan pekerjaan masih baru, biasanya dalam rentang satu hari hingga satu minggu pertama setelah postingnya dipublikasikan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh SmartRecruiters pada tahun 2013, hari Selasa menjadi favorit baik bagi para perekrut maupun pelamar kerja. Pada hari tersebut, banyak perusahaan memposting lowongan pekerjaan baru, serta jumlah pelamar yang mendaftar dan proses rekrutmen cenderung lebih aktif.

Sebagian besar tim HRD perusahaan menggunakan akhir pekan dan hari Senin untuk menyiapkan secara matang postingan lowongan yang akan dipublikasikan. Ini karena biasanya semua aktivitas di perusahaan dimulai pada hari Senin dan berakhir pada hari Jumat.

Misalkan, setelah berakhirnya pekan pada hari Jumat, karyawan dapat menikmati libur hingga Minggu. Pada hari Senin, semua karyawan kembali bekerja dan mulai menyelesaikan tugas-tugas serta beradaptasi kembali dengan lingkungan kerja setelah liburan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian besar proses penerimaan karyawan jatuh pada hari Selasa. Hal ini karena pada hari tersebut menjadi momen yang tepat bagi kedua belah pihak, baik perusahaan maupun pelamar, untuk memulai proses seleksi dan rekrutmen dengan lebih efisien.

Pilih Waktu Terbaik


Selain memperhatikan hari yang tepat, mengetahui jam-jam yang dianjurkan juga sangat penting. Menurut laporan dari Business Insider, waktu yang ideal untuk mengirim email lamaran kerja adalah antara pukul 6 hingga 10 pagi dan tidak melebihi pukul 4 sore.

Alasan di balik hal ini adalah Anda ingin menjadi salah satu dari orang pertama yang melamar posisi tersebut yang dilihat oleh manajer perekrutan perusahaan. Dengan begitu, peluang Anda tenggelam di antara email-email dari kandidat lain akan berkurang.

Menghabiskan waktu dan usaha untuk menulis email lamaran tersebut menjadi tidak sia-sia dan berpotensi memberikan hasil yang lebih baik. Setelah pukul 4 sore, kemungkinan besar karyawan telah sibuk dengan tugas-tugas mereka.

Jika Anda khawatir akan lupa untuk mengirim email pada waktu yang tepat, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan fitur seperti yang tersedia dalam Gmail yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pengiriman email. Dengan demikian, bahkan jika Anda menulis email larangan di tengah malam, Anda masih dapat menjadwalkannya untuk dikirim pada pukul 6 pagi, sebagai contoh.

Mengapa Penting Mengetahui Ini?


Salah satu alasan utama untuk memahami waktu yang tepat dalam mengirimkan email lamaran adalah untuk meningkatkan peluang Anda dipanggil untuk wawancara atau bahkan diterima di perusahaan yang Anda lamar.

Sebagai seorang fresh graduate yang penuh semangat dalam mencari pekerjaan, mungkin Anda berpikir bahwa mengirim email lamaran hanya pada hari Senin adalah pilihan yang tepat. Namun, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya Anda menghindari hari Senin.

Menurut laporan dari Forbes, orang-orang yang sudah lama bekerja cenderung masih beradaptasi dari waktu santai di akhir pekan, terlepas dari seberapa mencintai pekerjaan mereka. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika email lamaran yang telah Anda susun dengan rapi tidak diperhatikan oleh perekrut hanya karena dikirim pada waktu yang tidak tepat.

Perlu diingat bahwa tidak hanya hari, tetapi juga jam pengiriman email memiliki dampak yang signifikan. Mengirim email larut malam tidak hanya meningkatkan kemungkinan email Anda tertimbun di antara email lainnya, tetapi juga dapat membuat Anda terlihat kurang profesional. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk mengirim email pada jam kerja untuk meningkatkan peluang agar email Anda diperhatikan oleh perekrut.

Kesimpulan


Demikianlah penjelasan tentang waktu yang ideal untuk mengirim lamaran kerja. Jika selama ini Anda masih mengirim lamaran secara acak, mulai saat ini Anda dapat mencoba mengikuti strategi waktu yang telah dijelaskan di atas.

Ingin mendapatkan tips berguna lainnya seputar dunia kerja? Ayo, langganan newsletter blog dari Glints. Hanya dengan mendaftarkan email Anda, Anda akan menerima tips dan informasi penting lainnya langsung ke kotak masuk Anda setiap minggunya. Dengan begitu, Anda akan selalu mendapat informasi terkini untuk membantu Anda dalam mencapai kesuksesan karier.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama