Doa lunas hutang

Edumuslim.org - Diantara bentuk perhatian Nabi kepada umatnya adalah dengan mengajarkan berbagai hal yang dapat mengokohkan keimanan kepada Allah SWT. Salah satu diantaranya adalah Beliau mengajarkan doa dan dzikir yang dibaca di waktu pagi, sore dan sebelum tidur.

Pada artikel ini kami sampaikan doa pelunas hutang yang diajarkan oleh Nabi dalam haditsnya. Hadits ini dinilai sohih oleh para ulama. Sehingga boleh diamalkan.

Disebutkan oleh Abu Suhail bahwa Abu Solih telah meriwayatkan hadits ini dari Abu Hurairah dari Nabi. Atau dalam riwayat lain dijelaskan bahwa sebab terjadinya hadits ini adalah sebagaimana diceritakan oleh Abu Hurairah ia berkata: Telah datang Fathimah menemui Nabi dan meminta didatangkan seorang pembantu, agar bisa membantu menyelesaikan urusan-urusannya, Maka Nabi menyuruhnya agar Fathimah membaca doa ini, dan menjelaskan isi kandungannya bahwa doa ini dan kalimat tasbih lebih baik dari seorang pembantu maka Nabi Mengalihkan permintaan fathimah dari kepentingan duniawi dengan kepentingan akhirat. Yang itu jauh lebih berguna dan lebih kekal.

 عنه: «أتتْ فاطمةُ النَّبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ تَسألُه خادِمًا»، أي: ليُعِينَها على قَضاءِ حَوائجِها، فأمَرَها النَّبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ بهذا الدُّعاءِ، وبَيَّن لها أنَّ هذا الدُّعاءَ والتَّسبيحَ خَيرٌ مِن خادمٍ، فصَرَفَها مِن سُؤالِ الدُّنيا إلى طَلَبِ الآخرَةِ، وهي أنْفعُ وأبْقَى.

Pelajaran dari hadits:

  1. Pengukuhan sebagian dari sifat-sifat yang layak dengan dzatnya Allah lalu bertawasul dengan sifat tersebut dalam doa.
  2. Beratnya urusan hutang sehingga kita sampai meminta agar Allah melunaskan hutangnya.
  3. Pelajaran ketiga peringatan kepada jiwa agar mengalihkan perhatiannya dari kepentingan duniawi kepada tujuan akhirat dengan cara melakukan ketaatan dzikir dan berlindung dari segala keburukan makhluknya.

1. Doa Cepat Lunas Hutang

Berikut ini bunyi doa agar dilunaskan hutang

Doa lunas hutang arab latin dan artinya

ALLOOHUMMA ROBBAS SAMAAWAATI WA ROBBAL ARDH, WAROBBAL'ARSYIL'AZHIIMII, ROBBANAA WAROBBA KULLI SYAI'IN, FAALIQOL HABBI WAN NAWAA, WAMUNZILAT TAUROOTI WAL INJIIL, WAL FURQOON, A'UUDZU BIKA MIN SYARRI KULLI SYAI'IN ANTA AAKHIDZUN BINAASHIYATIHI, ALLOOHUMMA ANTAL AWWALU FALAISA QOBLAKA SYAI'UN, WA ANTAL AAKHIRU FALAISA BA'DAKA SYAI"UN, WA ANTAZH ZHOOHIRU FALAISA FAUQOKA SYAI'UN, WA ANTAL BAATHINU FALAISA DUUNAKA SYAI'UN, IQDHI'ANNAA ADDAINA, WA AGHNINAA MINAL FAQRI

Terjemahan: "Ya Allah, Pencipta langit yang tujuh dan pencipta 'arsy yang agung. Rabb kami dan Rabbnya segala sesuatu, Yang membelah biji-bijian dan biji kurma. Yang menurunkan Taurat, Injil dan Al-Qur`an. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu. Engkaulah Yang memegang ubun-ubunnya. Ya Allah, Engkaulah Yang Awal maka tidak ada sesuatu pun yang sebelum-Mu. Dan Engkaulah Yang Akhir maka tidak ada sesuatu pun yang setelah-Mu. Dan Engkaulah Yang Zhahir (Maha Tinggi) maka tidak ada sesuatu pun yang ada di atas-Mu. Dan Engkaulah Yang Bathin (Maha Dekat) maka tidak ada sesuatu pun yang lebih dekat daripada-Mu. (Ya Tuhanku) lunasilah utang kami dan cukupilah kami dari kemiskinan."

Cara Berdoa


Pertama-tama lakukan wudhu terlebih dahulu sebelum menuju tempat tidur agar tubuh dalam kondisi suci, selanjutnya miringkan badan ke sebelah kanan kemudian bacalah doa diatas dengan khusyu' dan penuh keyakinan akan dikabulkan.

2. Doa Agar Lunas Hutang dan Banyak Rezeki


الّلهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرّجَالِ

ALLAHUMMA INNI A’UDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HAZAN, WA A’UDZUBIKA MINAL ‘AJZI WAL KASALI, WA A’UDZUBIKA MINAL JUBNI WAL BUKHLI, WA A’UDZUBIKA MIN GHLABATID DAYNI WA QAHRIR RIJAAL

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari takut (miskin) dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya hutang dan paksaan orang-orang”

Bacalah doa tersebut dibaca setiap sehabis sholat 5 waktu dan setiap pagi petang setelah sholat subuh dan maghrib dibaca 3 x.

3. Doa Agar Terbebas Hutang dan Melunasi Hutang


اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

ALLAAHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MINAL MA’TSAMI WAL MAGHROM.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang” (HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 5).

4. Doa Agar Mudah Melunasi Utang Sepenuh Gunung


Adakah doa yang dipanjatkan agar mudah melunasi utang? Bagaimana jika utang tersebut sepenuh gunung, apa saja amalannya?

Dari ‘Ali, ada seorang budak mukatab (yang berjanji pada tuannya ingin memerdekakan diri dengan dengan syarat melunasi pembayaran tertentu) yang mendatanginya, ia berkata, “Aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku.” Ali pun berkata, “Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku yaitu seandainya engkau memiliki utang sepenuh gunung, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya. Ucapkanlah doa,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“ALLAHUMAK-FINII BI HALAALIKA ‘AN HAROOMIK, WA AGH-NINIY BI FADHLIKA ‘AMMAN SIWAAK”

"Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu] (HR. Tirmidzi no. 3563, hasan menurut At Tirmidzi, begitu pula hasan kata Syaikh Al Albani)

Dalam hadits ini ‘Ali memberi petunjuk pada hal yang lebih baik yaitu meminta tolong pada Allah lewat doa, tanpa bergantung pada selain-Nya. Makna ini dikuatkan dengan isi doa “waagh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak (dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu)”

6. Doa Agar Dimudahkan Rizki


Disebutkan dalam satu riwayat bahwasanya Nabi berlindung dari kekufuran dan kekafiran,

صح عنه- صلى الله عليه وسلم أنه كان يستعيذ بالله من الكفر والفقر ومن عذاب القبر. وكان يقول: اللّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ، وَالْقِلَّةِ، وَالذِّلَّةِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أو أُظْلَمَ، ويأمر بذلك. رواه الإمام أحمد وغيره.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kemiskinan, kehinaan. Dan aku berlindung kepada-Mu jangan sampai aku mendzalimi atau didzalimi.” (HR. Ahmad 8053, Abu Daud 1546 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
 
Ini teks doanya:
 
اللّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ، وَالْقِلَّةِ، وَالذِّلَّةِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أَظْلِمَ أو أُظْلَمَ
 
ALLOHUMMA INNI A'UDZUBIKA MINALFAQRI WALQILLATI WADZILLATI WA A'UDZUBIKA MIN AN ADZLIMA AWU UDZLAMA

Semoga kita semua dibebaskan dari himpitan hutang dan dilapangkan rizki untuk memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarga. Aamiin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama